Jumat, 31 Juli 2020

3 Tips Jitu Mengatur Spasi Berantakan di Microsoft Word dengan Mudah


Sudah memakan banyak waktu dalam mengetik dan mengerjakan pekerjaan pada file Microsoft Word, tapi kok spasinya bisa tiba-tiba berantakan dan tidak sesuai format awal kalau dibuka melalui komputer atau laptop orang lain? Padahal, sudah merasa mengerjakannya dengan tepat. Apakah terkena virus? Bagaimana cara memperbaikinya? Apakah harus diedit manual? Tapi, kalau itu adalah file penting yang isinya berjumlah banyak, masa iya harus diedit satu-satu? Sebenarnya, apa yang terjadi, sih?

Kalau kamu pernah mengalami skenario seperti di atas, ini adalah artikel yang tepat untuk kamu simak. Artikel kali ini akan membahas mengenai 3 trik jitu mengatur spasi berantakan di Microsoft Word dengan cara yang mudah dan praktis. Akar masalah dari spasi yang tidak beraturan dan tidak sesuai format terletak pada Microsoft Office. Ketika kamu membuat sebuah dokumen pada Office versi terbaru, kemungkinan spasinya akan berantakan dan tidak beraturan apabila kamu membukanya pada Office versi lama.


Daripada mengedit secara manual yang hanya akan memakan waktu lebih lama, lebih baik gunakan cara berikut untuk menghemat waktu dan mengembalikan file dokumen yang spasinya berantakan menjadi rapi kembali. Kamu bisa pilih langkah mana yang lebih praktis untukmu.

1. Mengubah pengaturan pada Microsoft Office yang kamu miliki
Cara pertama dalam mengatur spasi berantakan di Microsoft Word yaitu dengan sedikit mengubah pengaturan Microsoft Office yang kamu miliki, baik itu versi apapun.
Buka file dokumen kemudian klik menu File > Info > Prepare for Sharing > Check Compatibility. Lalu, beri tanda centang pada pilihan “Check compatibility when saving documents”.
Dengan begitu, semua fitur yang dibuat melalui Office versi terbaru dapat dibuka tanpa ada perubahan di Office versi lama, termasuk masalah spasi yang berantakan.

2. Mengubah perubahan pada “Save as type”
Cara berikutnya untuk memperbaiki spasi yang berantakan adalah dengan melakukan pengubahan penyimpanan.
Klik menu File > Save as > pilih dimana kamu ingin menyimpan file tersebut > klik “save as type” dan pilih yang sesuai dengan Office yang kamu gunakan sebelumnya. Namun, cara ini memiliki satu kekurangan, yaitu ada fitur tertentu dari Office versi terbaru yang tidak bisa tersimpan di Office versi lama.

3. Menginstall Microsoft Office Suite Service Pack 3 pada komputer atau laptopSolusi terakhir 

untuk memperbaiki masalah spasi ini adalah dengan menginstall Office Suite Service yang dapat kamu unduh dari situs resmi Microsoft Office.


Dengan mengunduh program ini, Office versi apapun yang kamu miliki saat ini bisa membaca semua fitur dari Office terbaru, sehingga dapat mengatasi masalah spasi yang berantakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar