Jumat, 31 Juli 2020

Begini Cara Membuat Rumus Sederhana di Excel, Yuk Simak!

Artikel ini berisi mengenai tata cara membuat rumus perhitungan sederhana melalui Microsoft Excel. Rumus atau formula ini dapat digunakan untuk mempermudah proses perhitungan matematika, seperti nota untuk bisnis yang sedang dijalankan, pembukuan sebuah perusahaan, perhitungan pajak, perhitungan laba rugi, mengurutkan data, melakukan analisis statistika deskriptif, atau bahkan untuk perhitungan sederhana seperti kalkulasi belanja bulanan.
Dengan menggunakan sistem dari Microsoft Excel, kamu dapat mengerjakan perhitungan dengan cepat dan akurat apabila memasukkan formula yang benar. Nah, kamu juga bisa bikin rumus sendiri, lho!



Sebelumnya, kamu harus tahu fungsi dari simbol rumus pada Microsoft Excel.
Nah, setelah mengetahui apa saja simbol rumus dasar beserta dengan fungsinya, perhatikan cara membuat rumus di bawah ini:

1. Membuat rumus pada Microsoft Excel harus dimulai dengan tanda sama dengan “=”. 

2. Berikutnya, letakkan konstanta nilai numerik dan operator perhitungan atau simbol rumus matematika seperti yang disebutkan pada tabel di atas. Konstanta dan operator ini dapat mencapai hingga 8192 karakter. Lalu kemudian tekan Enter (pada Windows) atau Return (pada Mac) untuk mengetahui hasilnya.

3. Untuk memasukkan rumus atau formula ini, kamu harus meletakkannya langsung pada sel atau formula bar Microsoft Excel.

4. Kamu dapat mengaktifkan perintah Autofill pada rumus Microsoft Excel berdasarkan alamat sel yang termuat dalam formula.

Jika ingin mengaktifkan perintah Autofill pada rumus berdasarkan alamat sel, kamu bisa ikuti tutorial di bawah ini:

1. Letakkan kursor dan klik sel yang akan dimuat formulanya. 
2. Letakkan tanda “=” pada awalan rumus seperti yang sudah dijelaskan pada cara di
atas. 
3. Masukkan alamat sel secara manual, kamu juga bisa klik sel yang ingin kamu
aktifkan Autofill-nya. 
4. Jangan lupa tekan Enter (untuk Windows) atau Return (untuk Mac) untuk
menghitung. 
5. Kamu bisa melakukan Autofill apabila sel yang ingin kamu hitung berada dalam
suatu range.

Untuk menampilkan formula yang sudah dibuat, baik dalam bentuk input manual maupun Autofill, klik “Show Formulas” pada tab menu “Formula Auditing”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar