Senin, 01 Desember 2014

Cara mengunci Program Komputer

Sering kita kesal apabila ada anggota keluarga kita seperti anak, adik yang masih sekolah menghabiskan waktunya untuk bermain game atau berinternet sehingga lupa makan, belajar dan lain-lain atau membuka situs-situs dewasa. Tidak mungkin kita harus menjagai komputer terus-menerus, pasti ada suatu saat kita memiliki kesibukan sendiri di luar, pada kesempatan tersebut anggota keluarga akan merasa senang bila kita berpergian sehingga mereka bisa bermain sepuasnya tanpa ada yang melarang atau mengawasinya.

Cara yang terbaik adalah mendisiplinkan mereka, dengan cara mengunci program tertentu, seperti game, mozilla firefox, mp3player, DVD Player dll, sehingga kita tidak perlu mengawasi komputer terus. Bila sebuah program telah diproteksi, siapa saja yang ingin membukanya harus memasukan password. Bila mereka tidak tahu passwordnya maka program tersebut tidak dapat digunakan. Sebagai contoh disini saya akan memproteksi browse google crome, untuk mendisiplinkan seseorang atau anggota keluarga bermain internet.

Untuk memproteksi program aplikasi, Anda harus mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Anda harus memiliki sebuah program untuk memproteksi aplikasi yang bernama WinUtilities. Untuk memilikinya bisa di Download disini.
2. Install aplikasi tersebut dan jalankan programnya.
3. Klik Menu Privacy & Security, kemudian klik Exe Protector
 


4. Setelah itu akan muncul jendela WinUtilities Protect. Pada opsi proses ada dua pilihan, yaitu melindungi file dan hapus sandi. Anda pilih melindungi file dan klik berikutnya.




5. Kemudian akan muncul jendela seperti dibawah ini. Masukan nama file dan lokasinya, atau bila Anda tidak mengetahuinya, klik jelajah pada bagian pilih file. Disini sebagai contoh kita ingin memproteksi Inpaint dan klik Open
6. Setelah Anda memilih file yang ingin diprotek, klik Next untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.
7. Masukan password yang ingin Anda buat, kemudian masukan sekali lagi password yang sama untuk konfirmasi, lalu klik Next.
8. Klik tombol Next bila muncul jendela seperti gambar berikut.
9. Kemudian WinUtilities akan memproses, dan klik Close bila registrasi sukses 100%.
10. Setelah Anda melakukan langkah tersebut di atas, coba buka program yang telah Anda kunci tersebut, maka ketika Anda mengklik program yang ingin Anda jalankan, maka akan diminta untuk memasukan password.
11. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar