Jumat, 28 November 2014

Tip merawat baterai Laptop agar awet


Kerusakan baterai laptop yang sering terjadi adalah drop atau tidak bisa di-charge. Baterai yang digunakan terus menerus pasti kemampuannya akan menurun. Berikut ini tip merawat baterai Laptop Anda agar awet.


  • Jika Anda bekerja di rumah, dikantor, atau lainnya yang memiliki sumber listrik, sebaiknya lepas baterai dan sambungkan alat charge ke sumber listrik. Hal ini agar baterai Anda awet. Gunakan baterai saat keperluan di luar yang tidak memungkinkan dihubungkan ke sumber listrik.
  • Untuk pemakaian baterai pertama kali, baterai harus di-charge sampai penuh terlebih dahulu sebelum digunakan. Kemudian dikosongkan sampai tiga atau empat kali. Karena baterai baru membutuhkan proses conditioning untuk mencapai kapasitas performa puncak.
  • Saat men-charge baterai, sebaiknya laptop dalam keadaan mati. Jika saat Anda menggunakan laptop kemudian indikator baterai lemah, sebaiknya matikan laptop terlebih dahulu, kemudian charge baterai sampai penuh.
  • Usahakan selalu men-charge baterai sampai penuh dan mengisinya saat indikator menunjukan baterai lemah atau hampir kosong. Usahakan tidak membiarkan charge terhubung ke listrik dalam waktu lama setelah baterai sudah penuh.
  • Jika Anda ingin melepas baterai dalam waktu yang agak lama, sebaiknya baterai dalam keadaan terisi penuh. Selain itu, jangan terlalu lama membiarkan baterai menganggur sampai berbulan-bulan. Setidaknya pasang dan digunakan satu bulan sekali.
  • Jangan letakkan baterai di tempat dengan suhu ekstrem atau terkena matahari langsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar