Selasa, 14 Januari 2014

Membandingkan Dua Dokumen pada Microsoft Word 2007/2010

Anda sedang bekerja dengan aplikasi MS Word 2007/2010 dan ingin membandingkan dua dokumen yang sedang dibuka. Tidak hanya Anda, penulis atau pekerja administrasi pun sering dibuat kewalahan. Membandingkan dua dokumen dan menampilkannya sekaligus pada satu layar dapat Anda lakukan dengan
bantuan feature Compare Side by Side. Dengan feature ini, kedua dokumen ditampilkan secara berdampingan (side-by-side).


Hal ini juga dipermudah dengan dukungan feature Synchronous Scrolling, yaitu scroll-nya dapat bekerja secara simultan pada kedua dokumen tersebut. Namun, tidak berarti tidak ada kendala. Terkadang, tidak semua dokumen dapat diperiksa secara vertikal. Untuk mengatasi hal tersebut, layout MS Word 2007/2010 dapat di-setup sedemikian rupa agar komparasi kedua dokumen dapat dilakukan secara horizontal. Caranya, bukalah kedua dokumen yang akan Anda periksa. Selanjutnya, Anda dapat membuka tab menu ribbon "View" lalu klik "View Side by Side" yang ada di bagian "Windows".

Kini, secara otomatis kedua dokumen tersebut akan ditampilkan berdampingan di layar. Kembali ke bagian "Windows", lalu klik "Arrange All" dan pastikan pilihan "Synchronous Scrolling" sudah diaktifkan. Jika Anda bekerja dengan dua monitor, feature ini akan bekerja lebih baik lagi. Anda bisa membandingkan kedua dokumen tersebut dengan tampilan yang lebih leluasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar