Selasa, 14 Januari 2014

Cara Membuat Aplikasi Portabel


Tool komersil, seperti TuneUp Utilities bisa dibuat portabel dan disimpan di UFD atau cloud CameyoBox dengan Cameyo Studio.

1. PERSIAPAN Agar berjalan mulus tanpa kesalahan, tutup semua aplikasi yang berjalan di background, kecuali Cameyo. Program ini bahkan bisa mengubah tool sistem menjadi portabel. Aplikasi yang tidak membutuhkan driver dan software tambahan sangat cocok untuk dibuat portabel. Kali ini, CHIP akan
memvirtualisasikan, tool populer TuneUp Utilities. Letakkan Setup DVD dari program tersebut lalu klik "Studio | Capture app locally". Wizard akan menuntun langkah selanjutnya.


2. VIRTUALISASI PROGRAM Cameyo sekarang membuat snapshot system hard disk. Berapa lama waktu yang diperlukan, tergantung pada besar partisi Windows Anda. Ketika muncul pesan "Install the software you wish to package", start setup TuneUp Utilities seperti biasa ke dalam program directory standar "C:\Program Files". Apabila program telah selesai, konfirmasi jendela Cameyo dengan "Install done". Perhatian! Apabila program meminta restart, konfirmasikan dialog Cameyo agar tool tersebut tidak dijalankan otomatis bersamaan dengan Windows. Setelah konfirmasi, Packager akan membuat snapshot system yang kedua, membandingkan file-file yang berubah serta cabang Registry dan mengemas program menjadi file EXE. Nantinya, file ini bisa dijalankan pada setiap PC Windows. Apabila virtualisasi program berhasil, Anda akan menerima pesan "Package was successfully created in Documents\Cameyo apps".

3. MENGANTUR HAK AKSES program Program-program hasil virtualisasi umumnya berjalan pada sebuah environment tertutup, tanpa hak akses ke PC lain. Pada kebanyakan kasus, konfigurasinya sudah benar. Namun, TuneUp Utilities membutuhkan akses penuh (full access), misalnya saat dijalankan dari UFD untuk mentuning PC lain. Oleh sebab itu, start lagi Cameyo, klik "Studio | Packet editor | Open existing virtual app". Kini, arahkan ke folder "Document | Cameyo Apps" dan pilih TuneUp Utilities. Pada tab "General", pilih opsi "Full access" untuk memberikan akses penuh diakhiri "File | Save" untuk membuat perubahan menjadi permanen.

4. BERJALAN PADA BERBAGAI PC Kini, start Windows Explorer dan copy program virtual ke UFD atau upload ke CameyoBox. Start TuneUp Utilities pada PC lainnya akan menampilkan jendela Cameyo
yang menawarkan beragam komponen TuneUp Utilities , seperti "1-Click Maintenance". Pilih program yang diinginkan dan konfirmasi dengan "OK". Apabila semuanya lancar, TuneUp Utilities versi portabel telah siap berjalan pada PC lainnya.

Sumber : Chip cetak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar