Rabu, 19 Juni 2013

Upgrade Kemampuan Komputer Anda Agar Dapat Bekerja Dengan Baik

Ibarat rumah tanpa dapur, Tidak adanya optical drive internal pada sebuah netbook ataupun Ultrabook tentunya  sedikit banayak akan merepotkan Anda saat ingin install softwere dari CD atau sekedar menonton film. Tidak hanya itu, Anda juga dapat back up data penting ke dalam kepingan cakram lewat hardware ini yang tentunya akan jauh lebih aman dari ancaman virus ketimbang menyimpannya didalam USB flashdisk atau hard disk eksternal. Solusi terbaik adalah segera melengkapi perangkat utama dengan sebuah DVD-RW eksternal. Jadi, bagi anda yang tertarik membelinya, Berikut sedikit tips dari cocogadget.com yang bisa dijadikan panduan.

Kecepatan R/W
Hal pertama yang perlu anda perhatikan saat ingin membeli sebuah DVD-RW eksternal adalah read dan write. Belilah DVD-RW yang memiliki kemampuan membaca dan menulis paling cepat. Saat ini, kemampuan baca-tulis sebuah DVD-RW yang ada di pasaran tersedia mulai dari 1x (1,32Mbps), 2x(2,64Mbps), 4x(5,28Mbps), 8x(10,8Mbps), 10x(13,20Mbps), 12x(15,84Mbps), 16x(21,12Mbps), 20x(26,40Mbps), 20x(26,40Mbps), dan 22x(29,0Mbps). Jadi, agar waktu menunggu tidak terlalu banyak terbuang, sebaiknya anda membeli DVD-RW yang memiliki kecepatan menulis antara 8x sampai 22x.

Fitur
Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah fitur yang dimiliki dari DVD-RW tersebut. DVD-RW eksternal yang bagus harus sudah dilengkapi dengan fitur LightScribe Disc Labeling. Dengan fitur ini, Anda bisa langsung membuat label-grafis dan teks-di atas keping cakram. Selain itu, DVD-RW eksternal juga harus dilengkapi dengan teknologi quick track yang mampu mengurangi kebisingan drive saat digunakan pada kecepatan tinggi.
Cek juga koneksi USB yang disertakan, pastikan sudah mengadopsi versi 3.0 atau 4.0, agar proses transfer data ke perangkat utama anda bisa lebih cepat. Jangan lupa untuk perhatikan juga soal kompabilitas, apakah sudah mendukung sistem operasi yang dipakai oleh perangkat utama anda. Jangan sampai DVD-RW eksternal Anda beli tidak bisa dipakai lantaran tidak mendukung sistem operasi yang diadopsi oleh komputer anda.

Dimensi
Sebagai peripheral tambahan, DVD-RW eksternal pastinya akan dibawa kemana pun anda pergi. Oleh karena itu, Carilah DVD-RW eksternal yang dimiliki paling ringkas, sehingga tidak akan memakan banyak tempat saat dimasukkan ke dalam tas laptop anda. Cermati pula bobot dari DVD-RW yang akan anda beli. Untuk itu, belilah yang memiliki bobot paling ringan, agar tidak membebani anda saat bepergian.

Garansi Dan Durabilitas

Terakhir, perhatikanlah masalah garansi. Ini penting, mengingat uang yang akan anda belanjakan bakal sedikit menguras ini kantong. Cermati juga kemampuan dari DVD-RW eksternal yang anda ingini. Karena banyak kasus sebuah DVD-RW eksternal masih mampu bekerja dengan baik selama tiga tahun lebih walaupun dipakai untuk burning 200 CD setiap harinya. Tapi ada juga DVD-RW eksternal yang sudah kelelahan dalam bekerja, padahal jarang dipakai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar